Thursday 7 February 2013

0 PENGERTIAN DOPING DAN EFEK SAMPINGNYA




Doping adalah penggunaan obat obatan untuk meningkatkan perfomance dalam berolahraga. Bila karena suatu pengobatan terjadi kenaikan suatu kemampuan fisik karena khasiat obat atau karena dosis yang berlebih maka pengobatan tersebut dianggap sebagai suatu doping. Secara kesehatan doping juga tidak dianjurkan atau bahkan dilarang oleh pemerintah, secara psikologi seorang yang memakai doping pasti akan dihantui ketakutan baik mental maupun psiskis atlet tersebut.
Apabila seorang atlet ingin diakui dan berprestasi maka ia harus berlatih dengan giat dan tekun serta bersaing dengan jujur tanpa doping. Karena doping hanya akan menejerumuskan dan merusak tubuh serta bila ketahuan menggunakan doping maka akan menanggung malu dan mendapatkan hukuman dari pihak yang berwenang yaitu WADA ( World Anti Doping Agency ), sebuah lembaga yang khusus menangani doping. Segala keberhasilan itu perlu proses tidak asal datang secara tiba-tiba seorang altet menjadi juara. Maka untuk menjadi juara perlu latihan yang teratur serta selalu berusaha dengan baik.
Sebagai calon seorang guru olahraga kelak kita tidak mengutamakan prestasi dengan cara curang tetapi kita harus menanamkan sifat jujur serta menjunjung tinggi sifat sportif dan fair play agar kemenangan itu sangat berarti dan lawan mengakui kehebatan kita. Pemerintah harus benar-benar menangani untuk masalah doping, pemerintah harus bekerja sama dengan pelatih serta memberi pengetahuan tentang bahaya doping terhadap kesehatan dan efek dari doping dalam jangka panjang terhadap tubuh nanusia agar para atlet terhindar dari doping.


NAMA : ADE SUPRIATNA
JURUSAN PJKR
TUGAS KOMPUTER 3...........................

0 comments:

Post a Comment

 

adesupriatna Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates