TES
DAN PENGUKURAN PENJASKES
TES adalah suatu alat atau prosedur yang digunakan untuk
mengetahui atau mengukur sesuatu dengan cara dan aturan yang sudah ditentukan.
PENGUKURAN adalah pengumpulan data atau informasi (( Proses)).
EVALUASI adalah suatu proses pemberian penghargaan atau
keputusan terhadap data atau informasi yang diperoleh melalui proses pengukuran
dan berdasarkan criteria tertentu.
Proses Evaluasi
1. Pengumpulan Data
2. Mempertimbangkan arti data dengan berpatokan kepada
suatu standar.
3. Membuat Keputusan.
Wittrook mengemukakan ada 3
wilayah Evaluasi
1. Lingkungan Belajar.
2. Siswa.
3. Proses Belajar.
PERBEDAAN ANTAR PENGUKURAN DAN
EVALUASI
No
|
ASPEK
|
PENGUKURAN
|
EVALUASI
|
1
|
PROSES
|
Proses pengumpulan data.
|
Proses pemberian nilai terhadap data dari hasil
pengukuran.
|
2
|
RUANG LINGKUP
|
Merupakan bagian dari proses
evaluasi.
|
Evaluasi lebih luas dari pengukuran.
|
3
|
HASIL / PRODUK
|
Produk adalah data atau
informasi.
|
Produknya adalah suatu nilai atau makna berdasrkan
criteria.
|
Pengukuran pada bidang olahraga
harus berdasarkan
1. Pengukuran dilakukan untuk mencapai tujuan.
2. Metode pengukuranjangan terbatas pada tes saja.
3. Alat ukur yang digunakan hendaknya valid dan reliable.
(( kejujuran )).
4. Dilakukan oleh petugas yang telah terlatih dan
berpengalaman pada bidangnya.
Alasan – alasan penggunaan tes
dalam proses pendidikan
1. Memberi Motivasi.
2. Menilai KemAmpuan Siswa.
3. Membantu menilai pengetahuan dan keterampilannya.
4. Mengukur Perkembangan Belajar
5. Membantu guru dalam menentukan keberhasilandalam
menca[pai tujuan yang telah ditetapkan.
6. Membantu guru menilai perbedaan metode mengajar.
7. Alat menentukan prestasi siswa.
8. Pengelompokan siswa.
9. Mendiagnosa kelemahan siswa.
10. Penelitian.
0 comments:
Post a Comment